Zakat Profesi

Assalammualaikum Wr.Wb...

Hallo Sobat Gen Z dimana pun anda berada baik dari sabang sampai merauke, okey kali ini Saya mau berbagi Pengetahuan nih  seputar " Zakat Profesi " sama Gen Z dirumah...
Mau tahu? Mari kita simak Penjelasan berikut ini, Daaarrr...!!!

Image : Google



Zakat Profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi (hasil profesi) bila telah mencapai nisab. Profesi tersebut misalnya pegawai negeri atau swasta, konsultan, dokter, notaris, akuntan, artis, dan wiraswasta. Dasar yang menjadi hukum zakat profesi tersebut terdapat pada Al-Qur'an surah Al-Baqarah : 267

" Hai Orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata dengan terhadapnya dan ketahuilah , bahwa Allah maha kaya lagi maha terpuji " (QS. AL-BAQARAH : 267)
 
Demikian yang menjadi dasar kita, mungkin ada banyak surah yang menjelaskan mengenai penting nya berzakat di dalam Al-Qur'an dengan segala hikmah nya. Mungkin ada yang bertanya-tanya berapa sih Nisab Zakat Profesi itu? ( Nisab zakat profesi diqiyaskan dengan zakat pertanian yaitu 5 wasaq atau setara dengan 524 kg beras )

Maksudnya apa ya saya belum faham? ( Jadi Kadar Zakat Profesi diqiyaskan dengan zakat emas dan perak yaitu 2,5 % dari seluruh penghasilan kotor )

Bisa di perjelas lagi kah? ( Jadi contoh nya begini nih Gen, Febri adalah seorang karyawan swasta dengan penghasilan Rp. 6.000.000,- /bulan. Disaat menunaikan zakatnya, harga beras adalah @Rp. 10.000/Kg, sehingga nisab zakat saat itu adalah 524 Kg x Rp. 10.000,- = Rp. 5.240.000,- maka zakat yang harus dikeluarkan adalah Rp. 6.000.000,- x 2,5 % = Rp. 150.000,-/Bulan/Sesuai ketentuan diatas )

Oh jadi begitu, iya jadi buat kamu kamu nih yang berpenghasilan lebih dari Rp. 5.000.000,- /Bulan WAJIB Hukumnya untuk mengeluarkan zakat profesi agar harta kita makin berkah dan bertambah.
wah kalau begitu aku mau rajin ah biar Allah sayang sama aku, Harus!


Daaarrr...!!!

Okey sobat Gen z, itulah beberapa Pengetahuan tentang Zakat Profesi, buat kamu kamu yang masih bingung bisa langsung hubungi kontak yang tertera ya Gen. Semoga artikel ini membantu gen z dirumah dan tetaplah menginspirasi... Aamiin...






Sayonara Gen...
Wassalammualaikum Wr.Wb...



Referensi : Doc. Pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »