Ragam Bisnis Sampingan untuk Pelajar, Mahasiswa, & Umum!

Assalammualaikum Wr.Wb...

Hallo Sobat Gen Z dimana pun anda berada baik dari sabang sampai merauke, okey kali ini Saya mau berbagi Tips nih  seputar " Ragam Bisnis Sampingan untuk Pelajar, Mahasiswa, & Umum " sama Gen Z dirumah...
Mau tahu? Mari kita simak Penjelasan berikut ini, Daaarrr...!!!



Sumber : Google

Di Era globalisasi seperti saat ini orang sudah merasakan bagaimana sulitnya memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup serba mahal, bahkan banyak orang tua kewalahan dalam menyekolahkan anak-anaknya karena biaya sekolah melambung tinggi. Mungkin Anda yang saat ini duduk di bangku kuliah ikut berpikir, " Bagaimana ya cara ikut membantu orang tua dan ikut andil meringankan biaya kuliah? "

Kenapa tidak Anda coba berbisnis sampingan, sebuah bisnis yang memberdayakan Skill, kreativitas, bakat, dan waktu luang Anda tanpa harus mengganggu aktivitas kuliah?

Seperti yang kita ketahui bahwa menekuni suatu bisnis sampingan memberikan dampak positif, Anda dapat menjadi lebih mandiri, dapat membantu orang tua, dan efeknya, Anda menjadi tidak bergantung pada pemerintah atau Industri untuk memberikan lapangan pekerjaan. 

Berikut adalah Tips yang dapat kita lakukan, cekedot!



JENIS-JENIS USAHA SAMPINGAN


1. MENJUAL BARANG

Sumber : Google

Menjual barang merupakan sebuah kegiatan yang dewasa ini banyak diminati. Kelebihan jenis usaha ini adalah modal yang di gunakan untuk menjalankan bisnis tidaklah terlalu banyak dan risiko yang di hadapi tidak terlalu tinggi, jenis barang yang bisa menjadi rekomendasi untuk gen dirumah adalah sebagai berikut :

a. Makanan & Snack
b. Pakaian, Sepatu, dan Aksesoris
c. Menjual Pulsa Elektronik
d. Menjual Bingkisan (Parcel) hari raya atau Event khusus
e. Membuat & menjual suvenir

Kita ambil beberapa Sample dari beberapa pilihan di atas, yaitu Makanan & Snack :
  • Pilihan Waktu Usaha, Setiap hari, setiap saat.
  • Potensi Komersial, Secara logika pasti kita pasti butuh yang namanya makanan, karena itu merupakan kebutuhan Pokok (Primer) manusia yang wajib terpenuhi dalam mempertahankan suatu siklus kehidupan. Peluang bsinis inilah yang dipandang memiliki potensi untuk di kembangkan. Anda dapat berjualan roti dan aneka cemilan. Anda bisa menjualnya ke teman-teman kampus dengan mengambil laba yang pantas dengan kondisi eknomi seorang mahasiswa. Sistem penjualan biasanya adalah model konsinyasi (Titipan) dan bukan beli putus (Langsung beli dari Agen) karena jika sistem penjualan beli putus barang yang tidak laku tersebut menjadi risiko Anda.
  • Persyaratan yang di Perlukan, Cari agen yang terpercaya dan carilah kamera sebagai media promosi Anda.
  • Masalah Potensial, Sosialisasi : Bisnis sampingan ini bisa dijalankan kapan pun dengan menggunakan media baik cetak, tulis, ataupun elektronik. Jangan lupa juga memperbarui produk Anda dengan sesuatu yang baru, dan bisnis sampingan ini tergolong mudah untuk Anda lakukan sendiri. Delegasi pekerjaan untuk tahap awal belum terlalu penting. Anda harus tetap fokus pada pengelolaan pemesanan dan promosi.

2. MENJUAL JASA/KEAHLIAN

Sumber : Google

Menjual jasa kepada orang lain memang gampang-gampang susah. Yang terpenting, Anda harus benar-benar menguasi jasa yang Anda tawarkan. Jangan sampai Anda menjual jasa namun Anda tidak ahli di jasa yang Anda tawarkan tersebut, kelebihan jenis usaha ini adalah bisa dijalankan tanpa menggunakan modal, namun tetap bersikap profesional dan promosi. Jenis jasa yang bisa menjadi rekomendasi untuk gen dirumah adalah sebagai berikut :

a. Penerjemah
b. Les Privat
c. Menulis Artikel di Media Masa
d. Menjadi ghost writer
e. Menjadi Penulis Skenario
f.  Jasa Pembuatan Website
g. Jasa Event Organizer (EO)
h. Jasa Master of Ceremony (MC) 
i.  Jasa Wedding Singer
j.  Jasa Fotografi & Video Shooting
k. Konsultasi & Bimbingan Skripsi
l.  Jasa Olah Data Penelitian
m. Jasa Design Grafis
n. Jasa Ilustrasi & Cover Buku
o. Jasa Reparasi barang Elektronik


Kita ambil beberapa Sample dari beberapa pilihan di atas, yaitu Les Privat :
  • Pilihan waktu usaha, Setiap hari, setiap saat.
  • Potensial Komersial, Usaha Les Privat termasuk peluang usaha yang tidak akan pernah mati selama masih ada anak yang bersekolah. Orang tua mana yang tidak ingin anaknya pandai dan cerdas? Tidaklah mengherankan jika orang tua rela mengeluarkan biaya hanya untuk mencarikan les tambahan bagi anaknya. Disitulah peluang bisnis yang harus anda ambil.
  • Persyaratan yang di perlukan, Anda harus memiliki satu kemampuan di bidang ilmu pengetahuan tertentu. Asah terus kemampuan Anda, entah itu pelajaran SD, SMP, atau SMA. Jika Anda ahli matematika, perdalam kemampuan itu. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang tua mencari guru les privat yang mampu menguasai beberapa bidang, seperti matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris. Untuk tingkat mahasiswa, konsumen biasanya meminta les privat berupa bahasa Inggris untuk bekal setelah mereka lulus kuliah.
  • Masalah Potensial, Kesuksesan bisnis ini adalah promosi ke konsumen yang ada di dekat sekolah, meliputi SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Dan salah satu index kesuksesan dalam bisnis ini adalah dilihat dari prestasi anak di sekolah. Terus galilah ilmu sebanyak Anda bisa menampung nya karena suatu saat itu pasti akan berguna untuk masa depan Anda, Jika memang anda tidak mampu untuk sendirian maka ajaklah teman Anda agar ikut andil dalam bisnis Anda.


3. MEMBUKA USAHA

Sumber : Google

Membuka usaha merupakan jenis usaha yang membutuhkan banyak biaya. Jenis usaha ini merupakan suatu yang dipilih berdasarkan hobi, motivasi, dan tentunya didukung dengan finansial yang cukup memadai.
Jenis Usaha yang bisa menjadi rekomendasi untuk gen dirumah adalah sebagai berikut :

a. Bisnis Waralaba
b. Multi-Level Marketing


    Kita ambil beberapa Sample dari beberapa pilihan di atas, yaitu  Bisnis Waralaba :

    • Pilihan waktu usaha, Setiap hari, setiap saat.
    • Potensi Komersial, Bagi Anda mahasiswa yang ingin berusaha namun tidak mempunyai modal yang terlalu besar, bisnis waralaba bisa menjadi jawabannya. Namun, tentunya tidak sembarang waralaba bisa Anda pilih. Bisnis waralaba yang baik adalah usaha yang dibutuhkan sehari-hari seperti makanan, minuman, pendidikan, salon, bengkel, dan bidang retail. 
    • Waralaba, adalah sistem duplikasi kesuksesan bisnis dari franchisor  yang notabene telah memiliki usaha yang terbukti sukses, memiliki merek yang cukup terkenal dan memiliki sistem duplikasi kesuksesan usaha (SOP) kepada entrepreneur (franchisee) yang belum mengerti dan paham tentang bisnis. Pendek kata, adanya franchise memudahkan orang untuk menjadi entrepreneur dan yang lebih dahsyat lagi, tingkat keberhasilan usaha ini relatif lebih besar bila di bandingkan dengan memulai usaha sendiri dari nol. Waralaba merupakan sistem keterkaitan usaha vertikal antara pemilik paten yang menciptakan paket teknologi bisnis (franchisor) dengan penerima hak pengelolaan operasional bisnis (franchise). Jadi sesungguhnya, waralaba dapat dikatakan sebagai teknik menjual sukses dari usaha yang sudah berhasil.
    • Persyaratan yang di perlukan, Bisnis yang sangat di gemari saat ini adalah bisnis waralaba, karena menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan biaya yang atau modal yang begitu besar dan dapat memberi hasil yang sangat menguntungkan. Jika Anda benar-benar ingin mencoba bisnis waralaba , sekarang ini sudah banyak sekali bisnis waralaba lokal. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa syarat sebelum Anda membuka usaha waralaba, antara lain sebagai berikut : Mengenal waralaba yang akan dipilih, Lokasi, Pelanggan, Tenaga kerja, Perencanaan keuangan, Selidiki kondisi keuangan frachisor.



    4. USAHA ONLINE

    Sumber : Google

    Banyak orang mencari peluang usaha yang mudah dilakukan, tidak memerlukan modal besar, bahkan tanpa perlu sewa tempat. Usaha online merupakan solusi tepat di saat sulit seperti ini. Potensi usaha online  diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan dukungan akses internet yang makin mudah, murah, dan tersebar hingga ke peloksok. Dengan demikian, pelaku usaha online sangat diuntungkan dan berpotensi meraup untung besar.

    Modal yang diperlukan untuk memulai usaha toko online ini hanyalah modal untuk membeli seperangkat komputer, memasang jaringan internet, membeli produk yang akan dijual, dan tentunya sebuah website toko online yang sudah ter-uplaod di server.

    Jenis Usaha online yang bisa menjadi rekomendasi untuk gen dirumah adalah sebagai berikut :

    a. Toko online
    b. Membuat dan menjual e-book

    Kita ambil beberapa Sample dari beberapa pilihan di atas, yaitu Membuat dan menjual e-book :

    • Pilihan waktu usaha, Setiap hari, setiap saat.
    • Potensi Komersial, Mungkin jika Anda melihat perkembangan pendidikan di negara maju, seperti Amerika, Inggris, Australia, dan sebagainya, Anda akan menemukan fenomena bahwa sekarang pelajar dan mahasiswa disana lebih suka membeli produk informasi dalam bentuk digital, umumnya e-book. Hal itu disebabkan karena mereka sudah tidak ada waktu untuk sekedar pergi ke toko buku atau ke perpustakaan.
    • Tips, Bagoi Anda yang senang menulis, sebuah e-book dapat Anda gunakan sebagai terobosan dalam bidang tlulis-menulis. Anda tidak perlu lagi pusing mencari penerbit buku yang mau menerbitkan buku Anda karena e-book dapat di promosikan dan dijual bebas di internet
    • Persyaratan yang diperlukan : Mengetahui nilai jual e-book Anda, Mencari keunikan dari produk e-book yang Anda hasilkan,  Mengetahui pesaing bisnis yang sejenis dan strategi untuk mengalahkannya, Menentukan target pasar,Meneliti produk-produk e-book yang best seller, Memiliki website dan modal usaha.
    • Masalah Potensial, Berikut adalah cara promosi e-book  yang di nilai efektif : Menggunakan teknik SEO, Menyebarkan e-book  promosi lewat mailing list, Mengiklankan e-book di website terkenal, Memakai situs eBay.



    Bekerja sembari kuliah memberikan banyak manfaat. Tidak hanya menambah uang saku, tapi bisa menjadi penghasilan utama kelak. Siapa tahu, selepas kuliah, disaat rekan-rekan lain sibuk melamar kerja kesana kemari, Anda bahkan sudah bisa merekrut pekerja untuk bisnis Anda. Atau seandainya pun tidak melanjutkan bisnis Anda, pengalaman yang berharga sudah Anda kantongi sehingga menjadikan Anda sebagai lulusan plus. Bukankah ini sesuatu yang bermanfaat? tinggal satu pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri, Apakah saya sudah siap dan bisa membagi waktu antara kuliah dan bisnis? dan kalau bukan sekarang kapan lagi? Don't Speak, Act Now!



    Daaarrr...!!!

    Okey sobat Gen z, itulah beberapa Tips buat kamu-kamu yang lagi kuliah tapi pengen berpenghasilan tanpa harus meminta lagi kepada orang tua dan yang pasti tidak menggangu aktivitas kuliah Anda Gen. Semoga artikel ini membantu gen z dirumah dan tetaplah menginspirasi... Aamiin...






    Sayonara Gen...
    Wassalammualaikum Wr.Wb...





    Referensi : 
    1. Danarti, Dessyd dan Suryo Sukendro. 2009. Mompreneurship 160  Ide Bisnis Paling Laris. Yogyakarta : CV Andi Offset
    2. Simon, John. 2009. 36 Ide Tokcer Bisnis dan Investasi. Yogyakarta : CV Andi Offset
    3. Suryani, Yani. 2009. 20 Usaha Sampingan Sambil Ngantor.  Jakarta: Daras Books.
    4. Vicynthia. 2010. Jadi Jutawan dari Bisnis Sampingan. Yogyakarta : Jogja Great! Publisher.
    5. Wikipedia.id

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »