Ada apa dengan Banten 1?

Assalammualaikum Wr.Wb...

Hallo Sobat Gen Z dimana pun anda berada baik dari sabang sampai merauke, okey kali ini Saya mau berbagi Pengetahuan seputar " Banten " nih sama Gen Z dirumah...
Mau tahu? Mari kita simak Penjelasan berikut ini, Daaarrr...!!!


Sumber : Google
Hallo sobat Gen, kali ini kita terbang di ujung pulau jawa nih yaitu Provinsi Banten, sobat gen dirumah udah pada tahu belum Makna lambang daerah Provinsi Banten? hayoo pasti lupa? atau malah nda tahu ya? okey nda masalah gen kita coba sama-sama me-review ya cek-dot!



Sumber : Google


MAKNA LAMBANG DAERAH PROVINSI BANTEN

  1. KUBAH MASJID, melambangkan kultur masyarakat Banten yang agamis.
  2. BINTANG ILAHI, Pengejawatahan Pancaran Semangat Keyakinan yang menyinari seluruh jiwa masyarakat Banten.
  3. MENARA MASJID AGUNG BANTEN, melambangkan masyarakat Banten mempunyai semangat yang tinggi untuk mewujudkan masyarakat masyarakat madani, serta adanya tujuan mulia yang senantiasa berpedoman pada petunjuk Allah SWT. Menara Masjid Agung juga melambangkan Budaya dan Historis Banten yang kokoh pada pendirian zaman kesulthanan.
  4. GAPURA KAIBON, melambangkan Daerah Provinsi Banten sebagai pintu gerbang peradaban dunia, perekonomian dan lalu lintas internasional menuju era globalisasi.
  5. PADI BERWARNA KUNING BERJUMLAH 17, KAPAS BERWARNA PUTIH BERJUMLAH 8 TANGKAI, 4 KELOPAK BERWARNA COKLAT, dan 5 KUNTUM BUNGA, melambangkan Provinsi Banten merupakan daerah agraris, cukup sandang pangan. Jumlah Padi dan Kapas menunjukan hasil Proklamasi Republik Indonesia 17 Agustus 1945.
  6. GUNUNG BERWARNA HITAM, melambangkan kekayaan alam dan tekstur tanah yang agak bergelombang tidak merata terdiri dari dataran rendah dan pegunungan.
  7. BADAK BERCULA SATU BERWARNA HITAM, adalah satwa langka salah satu yang dilindungi dunia, melambangkan masyarakat yang pantang menyerah dalam menegakkan kebenaran dan dilindungi oleh hukum.
  8. LAUT BERWARNA BIRU, dengan gelombang putih berjumlah 17 (tujuh belas) melambangkan daerah maritim yang kaya dengan potensi lautnya, mencerminkan historis dan peluang ke depan Banten sebagai Bandar Samudera Perdagangan Internasional serta mengandung makna kedamaian jiwa, keluasan wawasan dan pandangan, muara tempat berlindungya masyarakat Banten.
  9. RODA GERIGI BERWARNA ABU-ABU BERJUMLAH 10 (SEPULUH), melambangkan orientasi semangat kerja pembangunan dan sektor industri.
  10. DUA GARIS MARKA BERWARNA PUTIH, menunjukan landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta, lampu bulatan kuning (beacon light) melambangkan pemacu semangat mencapai cita-cita.
  11. PITA BERWARNA KUNING, sebagai pengikat melambangkan betapa indah dan kuatnya ikatan persatuan dan kesatuan dalam integritas dan heterogonis masyarakat Banten.
  12. SEMBOYAN " IMAN TAQWA " , sebagai landasan pembangunan menuju Banten Mandiri, Maju, dan Sejahtera (Darussalam)

MAKNA WARNA

  • MERAH, keberanian yang didasari kebenaran
  • PUTIH, suci, arif, dan bijaksana
  • KUNING, kemuliaan, lambang kejayaan dan keluhuran
  • HITAM, keteguhan, kekuatan, dan ketabahan hati
  • ABU-ABU, ketabahan
  • BIRU, kejernihan, kedamaian, dan ketenangan
  • HIJAU, kesuburan
  • COKLAT, kemakmuran


Daaarrr...!!!

Okey sobat Gen z, itulah penjelasan mengenai asal usul dari makna logo Pemerintah Provinsi Banten, semoga artikel ini membantu gen z dirumah dan tetaplah menginspirasi... Aamiin...






Sayanora Gen...
Wassalammualaikum Wr.Wb...





Referensi : https://bantenprov.go.id/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »